PROPOSAL PTK 13 : Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Murid Kelas V SDN 250 Towalida Kec. Sajoanging Kab. Wajo

A. Latar Belakang
Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini nampak rerata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak menyentuh ranah dimensi peserta didik itu sendiri, yaitu bagaimana sebenarnya belajar itu.

Dalam arti yang lebih substansial, bahwa proses pembelajaran hingga dewasa ini masih memberikan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikirnya.
Kurangnya aktivitas belajar matematika murid dalam proses belajar mengajar telah lama menjadi bahan pikiran setiap guru kelas sekolah dasar, hal ini terlihat bahwa pada umumnya murid menampakkan sikap yang kurang bergairah, kurang bersemangat dan kurang siap dalam menerima pelajaran. Kurang siapnya murid dalam menerima pelajaran tersebut akan berpengaruh dalam proses belajar mengajar, karena akan mengakibatkan suasana kelas kurang aktif dan interaksi timbal balik antara guru dan siswa kurang, serta antara murid dengan murid tidak terjadi, sehingga murid cenderung bersikap pasif dan hanya menerima apa yang diberikan guru dan pada akhirnya hasil belajar mereka rendah dan tidak memenuhi standar KKM yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis terungkap bahwa murid kelas V SDN 250 Towalida Kec. Sajoanging Kab. Wajo menghadapi permasalahan yang pada hakikatnya sama dengan permasalahan yang telah dipaparkan di atas.

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menuntut pendayagunaan pemikiran yang tinggi sehingga dalam mempelajarinya diperlukan strategi belajar yang tepat. Salah satunya adalah penerapan model kooperatif. Dimana model kooperatif merupakan model pembelajaran berkelompok yang melibatkan murid dalam kelompok belajar. Model kooperatif ini terdiri dari beberapa teknik, salah satunya adalah tipe Numbered Heads Together. Penerapan tipe Numbered Heads Together dalam proses belajar mengajar matematika akan mengatasi kesulitan belajar matematika dan mengantar murid dalam suasana kelas yang aktif, membangkitkan semangat dan rasa ingin tahu siswa, menuntut kerja sama dalam kelompok, serta menyita waktu murid untuk menyelesaikan tugasnya sehingga tidak ada waktu bagi mereka untuk bermain dan bergurau.

Peningkatan aktivitas murid dalam pembelajaran dapat memudahkan murid memahami materi yang diberikan dan menghindari perasaan jenuh siswa dalam belajar sehingga pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together cocok digunakan pada beberapa materi matematika.

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Murid Kelas V SDN 250 Towalida Kec. Sajoanging Kab. Wajo”

Selengkapnya dapat anda Download Di Sini

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

About these ads

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: