Keunggulan dan Kelemahan Metode Ceramah dalam Pembelajaran di Kelas

Metode mengajar merupakan cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa agar terjadi interaksi dan proses belajar yang efektif dalam pembelajaran. Setiap metopde mengajar mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dalam mebnetuk pengalaman belajar siswa, tetapi satu dengan yang lainnya saling menunjang. Metode ceramah masih banyak digunakan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran secara klasikal.

Metode ceramah merupakan suatu cara penyajian bahan atau penyampaian bahan pelajaran secara lisan dari guru. Ceramah yang baik adalah ceramah bervarisasi artinya ceramah yang dilengkapi denagn pengguanaan alat dan media serta adanya tambahan dialog interaktif atau diskusi sehingga proses pembelajaran tidak menjenuhkan.

Ada beberapa kompetensi yang harus diperhatikan guru untuk mmendukung keberhasilan metode ceramah dalam pembelajaran antara lain :

  1. Menguasai teknik-teknik ceramah yang memungkinkan dapat membangkitkan minat :
  2. Mampu memberikan ilustrasi yang sesuai dengan bahan pembelajaran.
  3. Menguasai materi pelajaran
  4. Menjelaskan pokok-pokok bahan pelajaran secara sistematis.
  5. Menguasai aktivitas seluruh siswa dakam kelas.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode ceramah yang berkaitan dengan kondisi siswa adalah  :

  1. Siswa mampu mendengarkan dan mencatat bahan pelajaran yang dijelaskan oleh guru.
  2. Kemampuan awal yang dimiliki siswa berhubungan  dengan materi yang akan dipelajaran.
  3. Memiliki suasana emosional yang mendukung untuk meperhatikan dan memiliki motivasi mengikuti pelajaran.

Keunggulan Metode Ceramah adalah sebagai berikut :

  1. Ekonomis waktu dan biaya karena waktu dan materi pelajaran dapat diatur guru secara langsung, materi dan waktu pelajaran sangat ditentikan oleh sistem nilai yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan.
  2. Target jumlah siswa akan lebih banyak, apabila menggunakan alat sound system.
  3. Bahan pelajaran sudah dipilih / dipersiapkan sehingga memudahkan untuk mengklasifikasi dan mengkaji aspek-aspek bahan pelajaran.
  4. Apabila bahan pelajaran belum dikuasai oleh sebagian siswa maka guru akan merasa mudah untuk menugaskan dan memberikan rambu-rambu pada siswa yang bersangkutan.

Kelemahan Metode Ceramah adalah sebagai berikut :

  1. Sulit bagi yang kurang memiliki kemampuan menyimak dan mencata yang baik.
  2. Kemungkinan menimbulkan verbalisme.
  3. Sangat kurang memberikan kesempatan pada siswa utnuk berpartisipasi secara total (hanya proses mental, tetapi sulit dikontrol)
  4. Peran guru lebih banyak sebagai sumber belajar.
  5. Materi pelajaran lebih cenderung pada aspek ingatan.
  6. Proses pelajaran ada dalam otoritas guru.

Lihat dan baca juga :

Keunggulan dan kelemahan metode diskusi

Keunggulan dan kelemahan metode demonstrasi

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat….

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

About these ads

Tulis Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: