Implementasi Pembelajaran Paikem di Sekolah

Pada pasal 19 ayat 3 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pemndidikan (SNP) dinyatakan bahwa setiap pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Dengan demikian sebelum melakukan pelaksanaan pembelajaran terlebih dahulu dilakukan perencanaan pembelajaran.
Pada Standar Proses (Permendiknas No 42 Tahun 2007 ) bagian perecanaan pembelajaran dinyatakan bahwa kegiatan inti pembelajaran merupakan proises pembelajaran utnuk mencapai kompetensi dasar (KD), dan kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai denga bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psokologis peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan secara sisteamtis dan sistemik melalui proses eksplorasi, alaborasi, dan konfirmasi. Lebih lanjut pada stansar proses dinyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegitan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Contoh RPP Lengkap untuk Sekolah Dasar bisa di download gratis disini

Dalam kegiatan pendahuluan, guru :

  1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan pisik untuk mengikuti proses pembelajaran
  2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
  3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yanga akan dicapai
  4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus

Adapun kegiatan Inti
Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, yang dapat meliputi proses eksplorasi, Elaborasi, dan Konformasi. Maksud dari Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi sebagai berikut :
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan ekplorasi guru :

  • Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajarai dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
  • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan

2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :

  • Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
  • Memfasiltasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain, untuk memunculkan gagasan baru secara lisan maupun tertulis
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
  • Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif can kolaboratif
  • Memfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  • Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan kreasi kerja individual maupun kelompok
  • Memfasiltasi peserta didik melakukan pameran, turmanent, festival, serta produk yang dihasilkan
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik

3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :

  • Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
  1. Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dal menjawab pertanyaan peserta didik yang mengahadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  2. Membantu menyelesaikan masalah
  3. Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
  4. Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  5. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

Dalam Kegiatan Penutup, guru

  • Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
  • Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sufdah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
  • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik menyampaiakan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Makasih……..
Muhammad Karwapi

%d bloggers like this: