PROPOSAL PTK 15 : Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Cerita Rekaan Pada Murid Kelas IV SDN 370 Tangkoro Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo Melalui Picture and Picture

A. Latar Belakang

Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru di dalam kelas kadang-kadang membuat guru kaku terutama dalam memilih satu atau model pembelajaran, dan mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran.
Apa yang dikemukakan oleh Hadikusumo, 1995: 36. Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia kiranya merupakan hal yang tak dapat dibantah. Pada kenyataannya pendidikan telah dilaksanakan semenjak adanya manusia, hakikatnya pendidikan merupakan serangkaian peristiwa yang kompleks yang melibatkan beberapa komponen antara lain: tujuan, murid , pendidik, isi/bahan cara/metode dan situasi/lingkungan. Hubungan keenam faktor tersebut berkait satu sama lain dan saling berhubungan dalam suatu aktifitas satu pendidikan.

Keadaan SD dengan sistem guru kelas, tidak menutup kemungkinan banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menggunakan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Karena guru dituntut untuk mengejar target materi yang cukup banyak dan harus diselesaikan pada setiap semester.

Keberhasilan pengajaran juga tergantung pada keberhasilan murid dalam proses belajar mengajar, sedangkan keberhasilan murid tidak hanya tergantung pada sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum maupun metode. Akan tetapi guru mempunyai posisi yang sangat strategi dalam meningkatkan prestasi murid dalam penggunaan strategi pembelajaran yang tepat.

Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan murid bela¬jar secara efektif dan efisien adalah model pembelajaran picture and picture. Banyaknya persiapan yang ingin dilakukan dalam pembelajaran picture and picture sehingga guru merasa terbebani dalam memberikan pembelajaran, dan guru lebih cenderung untuk menggunakan pembelajaran langsung. Hasil belajar pada Murid Kelas IV SDN 370 Tangkoro Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo memerlukan penanganan yang segera. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan inovasi di bidang pembelajaran.

Dengan model pembelajaran picture and picture seperti diuraikan di atas dapat mempercepat peningkatan mutu pendidikan melalui penyelenggaraan proses pembelajaran yang berkualitas. Oleh karena itu model pembelajaran tersebut perlu disosialisasikan pada guru untuk dapat diaplikasikannya dalam proses pembelajaran.
Hal tersebut dimaksudkan supaya guru tidak tertinggal dengan inovasi pendidik dengan penerapan model pembelajaran inovatif.

Berdasarkan observasi yang dilaksanakan penulis, bahwa guru pada sekolah tersebut tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture karena guru
tersebut belum mampu untuk menerapkannya dalam proses pembelajaran, dilain pihak ada guru yang masa bodoh dan tidak berat dengan tugas yang diembangnya yang menyebabkan rendahnya hasil belajar murid.

Berdasarkan fenomena tersebut di atas maka penulis termotivasi untuk menetapkan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Cerita Rekaan pada Murid Kelas IV SDN 370 Tangkoro Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo melalui Picture and Picture”.

 

Selengkapnya dapat anda Download Di Sini

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: