Mengapa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) itu Penting Dilakukan oleh Seorang Guru Profesional?

Dengan melaksanakan tahapan-tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif (model pembelajaran efektif baca di sini). Selain itu sebagai penelitian tahapan, disamping guru melaksanakan tugas utamanya melaksanakan pembelajaran di kelas, tidak perlu meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK (cara mengidentifiaksi dan merumuskan masalah klik di sini), guru mempunyai peran ganda : praktisi dan peneliti.

Mengapa Penelitian Tindakan Kelas Penting?

Ada beberapa alasan mengapa PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan profesionalitas seorang guru :

  1. PTK sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Dia menjadi reflektif dan kritis terhadap apa yang dia dan muridnya lakukan.
  2. PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. Guru tidak lagi sebagai praktisi, yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada adanya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneliti di bidangnya.
  3. Dengan melaksanakan tahapan-tahapan dalam PTK, guru mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang mendalam terhadap apa yang terjadi di kelasnya. Tindakan yang dilakukan guru semata-mata didasarkan pasa masalah aktual dan faktual yang berkembang di kelasnya.
  4. Pelakdanaan PTK tidak mengganggu tugas pokok seorang guru karena dia tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
  5. Dengan melaksanakan PTK guru menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inivasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakinya.

Penerapan PTK dalam pendidikan dan pembelajaran memiliki tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran serta berkesinambungan sehingga :

  • Meningkatkan mutu hasil pembelajaran
  • Mengembangkan keterampilan guru
  • Meningkatkan relevansi
  • Meningkatkan efesiensi pengelolaan instruksional serta
  • Menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas guru.

Sekian dan terimah kasih. Semoga bermanfaat….

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

%d bloggers like this: