Prasyarat yang Harus Diperhatikan oleh Seorang Guru untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Melalui Metode Diskusi

Dalam penggunaan metode diskusi, bahan pelajaran harus dikemukakan dengan topik permasalahan atau persoalan yang akan menstimulus siswa menyelesaikan permasalahan / persoalan tersebut. Untuk menjawab atau menyelesaikan permasalahan tersebut, perlu dibentuk kelompok yang terdiri dari beberapa siswa sebagai anggota dalam kelompok tersebut.

Kelancaran kegiatan diskusi ditentukan oleh moderator yaitu orang yang mengatur jalannya pembicaraan supaya semua siswa sebagai anggota aktif berpendapat secara maksimal. Tugas guru dalam kegiatan ini adalah lebih banyak berperan sebagai pembimbing, fasilitator, atau motivator agar supaya interaksi dan aktivitas siswa dalam diskusi menjadi efektif.

Prasyarat yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk mengoptimalkan pembelajaran diskusi adalah :

  1. Mampu merumuskan permasalahan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  2. Mampu membimbing siswa utnuk merumuskan dan mengidentifikasi permasalahan serta menarik kesimpulan.
  3. Mampu mengelompokkan  siswa sesuai dengan kebutuhan permasalahan dan pengembangan kemampuan siswa.
  4. Mampu mengelola pembelajaran melalui diskusi.
  5. Menguasai permasalahan yang didiskusikan.

Kondisi dan kemampuan siswa yang perlu diperhatikan untuk menunjang pelaksanaan diskusi antara lain :

  1. Memiliki motivasi, perhatian, dan minat dalam berdiskusi.
  2. Mampu melaksanakan diskusi.
  3. Mampu menerapkan belajar secara bersama.
  4. Mampu mengeluarkan pendapat atau isi pikran.
  5. Mampu memahami dan menghargai pendapat orang lain

Keunggulan Metode Diskusi antara lain :

  1. Bertukar pikiran.
  2. Menghayati permasalahan.
  3. Merangsang siswa untuk berpendapat.
  4. Mengembangkan rasa tanggung jawab.
  5. Membina kemampuan berbicara.
  6. Belajar memahami pendapat atau pikiran orang lain.
  7. Memberikan kesempatan belajar.

Kelemahan Metode Diskusi antara lain :

  1. Relatif memerlukan waktu yang cukup banyak.
  2. Apabila siswa tidak memahami konsep dasar permasalahan maka diskusi tidak akan fektif.
  3. Materi pelajaran dapat menjadi lebih luas.
  4. Yang aktif hanya siswa tertentu saja.

Lihat dan baca juga :

Keunggulan dan kelemahan metode ceramah

Keunggulan dan kelemahan metode demonstrasi

Semoga bermanfaat….

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

One Response to “Prasyarat yang Harus Diperhatikan oleh Seorang Guru untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Melalui Metode Diskusi”

  1. Muhammad Karwapi Says:

    milyaran terima kasih untuk om Irfan Handi yang sudah like beberapa artikel di blog sederhana ini…. Ini adalah sebuah kehormatan bagi saya di mana artikel di blog ini di like oleh blogger sekaliber om Irfan Handi… Sekali lagi thank’s om.


Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: