Kaidah Penulisan Butir Soal Bentuk Pilihan Ganda yan Valid dan Sah

Langkah-Langkah Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda

Menulis soal pilihan ganda sangat diperlukan keterampilan dan ketelitian (Keterampilan Menulis Soal lihat di sini). Hal yang paling sulit dilakukan dalam menulis soal bentuk pilihan ganda adalah menuliskan pengecohnya. Pengecoh yang baik adalah pengecoh yang tingkat kerumitan atau tingkat kesederhanaan, serta panjang pendeknya relatif sam dengan kunci jawaban. Oleh karena itu, untuk memudahkan dalam penulisan soal bentuk pilihan ganda, maka dalam penulisannya perlu mengikuti langkah-langkah berikut. Langkah pertama adalah menulis pokok soalnya., langkah kedua adalah menulis jawabannya, kemudian langkah ketiga adalah menulis pengecohnya.

Soal bentuk pilihan ganda merupakan soal yang telah disediakan pilihan jawabannya. Siswa yang mengerjakan soal hanya memilih salah satu jawaban yang benardari pilihan jawaban yang disediakan. Wujud soal terdiri dari :

  1. Dasar pertanyaan / stimulus (bila ada)
  2. Pokok soal (stem)
  3. Pilihan jawaban yang tediri dari : kunci jawaban dan pengecoh.

Kaidah Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda

Adapun kaidah penulisan soal bentuk pilihan ganda adalah seperti berikut :

1.     Soal harus sesuai dengan indikator.

Artinya soal harus menanyakan perilaku dan materi yang hendak diukur  sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi.

Contoh indikator :

Siswa dapat menentukan salah satu penyebab kemunduran Kerajaan Demak.

Contohsoal yang sesuai dengan indikator :

Salah satu penyebab kemunduran Kerajaan Demak adalah …

a.      armada Portugis menyerang Demak

b.      Demak diserang oleh Kerajaan Mataram

c.       adanya perebutan kedudukan sultan*

d.      kalah bersaing dalam perdagangan

2.     Pengecoh harus berfungsi

Contoh soal yang kurang baik :

Alat optik yang digunakan untuk memperoleh bayangan dari gambar kecil menjadi besar adalah …

a.      teleskop

b.      proyektor

c.       bioskop

d.      stetoskop

Penjelasan : pilihan jawaban c dan d tidak homogen karena bukan merupakan alat optik. Pilihan jawaban itu diperbaiki menjadi “kamera” dan “mikroskop”

3.   Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar.

Artinya, satu soal hanya mempunyai satu kunci jawaban.

Maksudnya kunci jawaban benar tidak lebih dari satu atau kurang dari satu.

Contoh soal yang kurang baik :

Bunyi /e/ pada kata enak sama dengan bunyi /e/ pada kata … .

a.      beras

b.      bebas *

c.       bela *

d.      bekas

Penjelasan : pilihan c sebaiknya diganti dengan kata “Belas”

4.     Pokok sola harus dirumuskan  secara jelas dan tegas.

Artinya, kemampuan / materi yang hendak diukur/ditanyakan harus jelas tigak menimbulkan pengertian atau penafsiran yang berbeda dari yang dimaksudkan penulis. Setiap butir soal hanya mengandung satu persoalan / gagasan.

Contoh soal yang kurang baik :

Pada umumnya kata berimbuhan adalah … .

a.      berani

b.      beringas

c.       beringin

d.      beranjak*

Penjelasan : hindarkan penggunaan kata yang tidak pasti, seperti pada umumnya, kira-kira. Oleh karena itu, pokok soal diperbaiki menjadi “Kata berikut yang berimbuhan ber- adalah ….”

5.     Rumusan pokok soal dan pilihan jawanban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.

Artinya apabila terdapat rumusan atau pernyataan yang sebetulnya tisak diperlukan, maka rumusan atau pernyataan itu dihilangkan saja.

Contoh soal yang kurang baik :

Dewan Perwakilan Rakyat merupakan lembaga tertinggi negara. Penulisan singkatan dewan perwakilan rakyat yang benar terdapat dalam kalimat … .

a.      Para anggota D.P.R. sedang rapat

b.      Para anggota DPR. sedang rapat

c.       Para anggota DPR sedang rapat.

d.      Para anggota D.P.R sedang rapat.

Contoh soal yang lebih baik :

Penulisan singkatan dewan perwakilan rakyat yang benar terdapat dalam kalimat … .

a.      Para anggota D.P.R. sedang rapat

b.      Para anggota DPR. sedang rapat.

c.       Para anggota DPR sedang rapat.*

d.      Para anggota D.P.R sedang rapat.

7.     Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.

Artinya, pada pokok soal jangan sampai terdapat kata, kelompok kata, atau ungkapan yang dapat memberikan petunjuk ke arah jawaban yang benar.

Contoh soal yang kurang baik

                    Generator listrik di Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) Sigura-gura digerakkan oleh … .

a.      tenaga air*

b.      tenaga uap panas

c.       tenaga gas bumi

d.      tenaga solar

7.     Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.

Artinya, pada pokok soal jangan sampai terdapat dua kata atau lebih yang mengandung arti negatif. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan penafsiran siswa terhadap arti pernyataan yang dimasud. Untuk keterampilan bahasa, penggunaan negatif ganda diperbolehkan bila aspek yang akan diukur justru pengertian tentang negatif ganda itu sendiri.

Contoh soal kurang baik

Nama bangun geometri di bawah ini bukan merupakan bangun ruang kecuali … .

a.      segitiga samakaki

b.      segitiga samasisi

c.       prisma segitiga*

d.      bujur sangkar

Penjelasan : pokok soal diperbaiki menjadi : “Nama bangun geometri di bawah ini yang merupakan bangun ruang adalah … .

8.     Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.

Artinya, semua pilihan jawaban berasal dari materi yang sama seperti yang ditanyakan oleh pokok soal, penulisannya harus setara, dan semua pilihan jawaban harus berfungsi.

Contoh soal kurang baik

Jujur terhadapa orang lain berarti … .

a.      berbuat sesuai kehendak

b.      merugukan diri sendiri

c.       berbuat sesuai aturan

d.      berkata apa adanya*

Penjelasan : pilihan b tidak homogen. Oleh karena itu, p[ilihan b diperbaiki menjadi “betingkah laku sopan”

9.      Panjang rumusan harus relatif sama.

Kaidah ini diperlukan karena adanya kecendrungan siswa memilih jawaban yang paling panjang karena seringkali jawaban yang lebih panjang itu lengkap dan merupakan kunci jawaban.

Contoh soal kurang baik

Salah satu ini Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah … .

a.      pembubaran Partai Komunis Indonesia

b.      kembali ke Undang-undang Dasar 1945*

c.       pembentukan Dewan Perwakilan Rakyat

d.      dibentuknya Dewan Nasional yang terdiri dari wakil-wakil semua partai yang ada

Penjelasan : pilihan d diperbaiki menjadi : “dibentuknya Dewan Nasional”

10.  Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “semua pilihan jawaban di atas salah atau benar”.

Artinya, dengan adanya pilihan jawaban seperti ini, maka secara materi pilihan jawaban berkurang satu karena pernyataan ini bukan merupakan materi yang ditanyakan dan pernyataan itu menjadi tidak homogen.

Contoh soal yang kurang baik

Orang yang hatinya bersih akan selalu … .

a.      bersikap tekun

b.      berbuat sopan

c.       memperlihatkan keberanian

d.      semua pilihan jawaban di atas benar*

Penjelasan : pilihan d diperbaiki menjadi “memelihara kejujuran

11.   Pilihan jawaban berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya.

Artinya, pilihan jawaban yang berbentuk angka harus disusun berdasarkan besar kecilnya nilai angka, dari nilai angka paling kecil berurutan sampai nilai angka yang paling besar, dan sebaliknya. Demikian juga pilihan jawaban yang menunjukkan waktu harus disusun secara kronologis. Penyusunan secara urut dimaksudkan untuk memudahkan siswa melihat pilihan jawaban.

Contoh soal yang kurang baik

Hasil dari 4³ adalah … .

a.      7

b.      64*

c.       12

d.      81

Penjelasan : pilihan jawaban diurutkan dari kecil ke besar atau sebaliknya, seperti 7, 12, 64*, 81 atau 81, 64*, 12, 7

Terima kasih semoga bermanfaat….

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

9 Responses to “Kaidah Penulisan Butir Soal Bentuk Pilihan Ganda yan Valid dan Sah”

  1. kasman mappa Says:

    Bagus…bagus…….bagus….
    karena ada contoh soal

    • kasman mappa Says:

      Kaidah yang diiringin contoh akan lbh jelas dan bermakna, “okelah kalau begitu”….trims

  2. yosie purwa ajie Says:

    sangat bermanfaat..lg blajar bikin soal PG..ckck

  3. yuni Says:

    kalo boleh tambahkan pengertian keterampilan menulis soal friend..

  4. parwanto byl Smg Jateng Says:

    BAGUS, TULISAN ANDA BERMANFAAT BAGI PARA GURU YANG TUGAS MENYUSUN SOAL UNTUK UAS, US DLL. PERBARUI UPDATE TULISANNYA YA, DAN CONTOH YANG REALISTIS KONTEKSTUAL. TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT… AMIN…..

  5. rika martinus Says:

    thank you ….

  6. MGMP PAI KAB MALANG Says:

    ok suiippp. perlu juga diberikan contoh soal yang menggunakan ilustrasii..
    contoh soal bidang studi sejarah, PKn, agama…dll


Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: