Peran Reporter yang Andal dalam Menyajikan Berita yang Menarik dan Aktual

berita aktualAssalamu alaikum Wr.Wb

Dalam postingan saya kali ini aku mencoba menganalisis bagaimana penyajian berita yang baik dan menarik sesuai kebutuhan masyarakat akan dunia jurnalisme. Dala postingan saya sebelumnya saya telah paparkan bagaiman fungsi tujuan jurnalisme dalam kehidupan modern.

Seiring dengan perkembangan dunia saat ini maka dunia jurnalis semakin membutuhkan reporter andal untuk menyajikan berita yang baik, menarik dan akurat. Media massa yang tak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, akan ditinggalkan pembacanya.

Reporter andal dalam hal ini adalah reporter yang tidak setengah-setengah bekerja, menggali fakta dengan sungguh-sungguh sehingga menemukan berita yang istimewa, serta menyajikannya dalam tulisan yang menarik. Untuk menjadi reporter yang ANDAL diperlukan beberapa syarat antara lain :

  1. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi. Rasa ingin tahu hanyalah awal, namun sikap inilah yang akan selalu mendorong reporter untuk menggali fakta-fakta di lapangan. Sulit dibayangkan reporter yang tidak memiliki rasa ingin tahu ini.
  2. Punya Integritas Tinggi. Hendaknya reporter selalu berkomitmen untuk menyelesaikan tugasnya di lapanyan dengan mematuhi etika jurnalisme : kejujuran, akurasi, tidak berpihak, dan lain-lain. Hanya dengan integritas tinggi media massa bisa menyuguhkan informasi yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Pekerjaan reporter bertanggung jawab kepada masyarakat dan menuntut integritas tinggi.
  3. Gigih. Reporter yang baik hendaknya gigih dalam memperoleh kebenaran. Kasus-kasus pelik yang merugikan kepentingan umum membutuhkan kegigihan wartawan untuk menemukan kebenarannya dan melaporkannya untuk kepentingan masyarakat.
  4. Punya Semangat yang Terus Manyala. Ini adalah sebuah proses yang melelahkan. Hanya semangat yang dapat menolong seorang reporter untuk bertahan dan menghasilkan berita yang bermutu.
  5. Punya Empati yang Dalam. Empati dibutuhkan agar wartawan memahami secara keseluruhan sebuah persoalan. Apa jadinya pemberitaan tentang bencana alam jika tidak diberitakan dengan penuh empati?
  6. Jujur. Masyarakat modern sangat tergantung pada media massa. Bagaimana kondisi masyarakat jika mereka mendapatkan informasi-informasi yang mengandung kebohongan belaka? Reporter wajib melakukan tugas reportase dengan jujur.
  7. Akurasi Tinggi. Sebuah berita hendaknya mempunyai sumber yang jelas, jalan ceritanya tidak dikarang-karang, serta memiliki data yang terperinci dan akurat.

Referensi : Reportase Dasar dan Penulisan Bertita karya : Maesita Maharani, 2008

Sekian semoga bermanfaat
Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

Tulis Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: