Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
Rambu-Rambu Penyusunan KKM
Adapun rambu-rambu dalam penetapan KKM adalah sebagai berikut :
Pertanyaan :
- Kapan KKM ditetapkan?
- Siapa yang Menetapkan KKM?
- Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan apa?
- Maksimal Nilai ketuntasan berapa?
- Apakah sekolah dapat menetapkan nilai KKM kurang dari nilai maksimal KKM?
- Apakah nilai KKM perlu dicantumkan di dalam LHBS?
Jawaban :
- KKM ditetapkan pada awal tahun pelajran
- KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
- Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
- Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
- Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
- Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS
Mekanisme dan Langkah-Langkah Penyusunan KKM
- (Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai siswa
- Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut :
- SDM (Siswa memahami Kompetensi yang harus dicapai dan kreatifitas serta inovatif dalam melaksanakan pembelajaran
- WAKTU (sukup lama karena perlu pengulangan
- PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.
Daya Dukung
KEMAMPUAN SUMBER DAYA PENDUKUNG yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan , BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholder sekolah.
Intake
KEMAMPUAN yang dimiliki oleh peserta didik atau input yang diterima.
Format Penetapan KKM
Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai
A. Dengan memberikan poin pada setiap kriteria yang ditetapkan :
- Kompleksitas : Tinggi = 1, Sedang = 2 dan Rendah = 3
- Daya Dukung : Tinggi = 3, Sedang = 2 dan Rendah = 1
- Intake : Tinggi = 3, Sedang = 2 dan Rendah = 3
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang maka nilainya adalah :
(3+3+2) x 100 = 88,89 dibulatkan menjadi 89
9
Contoh Format A
B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria, misalnya :
- Kompleksitas : Tinggi = 50-64, Sedang = 65 – 80, Rendah = 81 – 100
- Daya Dukung : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
- Intake : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang maka nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang ditentukan.
Dalam menentukan rentang nilai dan mentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatna forum KKG di sekolah.
Selengkapnya dapat anda Download Di Sini
Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI
5 February 2014 at 05.44
Alhamdulillah saya sudah mengerti cara menentukan kkm dari laman ini trimakasih dan saya sangat senang degan info2 pendidikan untuk kemajuan belajar di dunia pendidikan Indonesia.
5 February 2014 at 05.56
Alhamdulillah… Makasih kembali atas kunjungan anda di blog ini…. semoga bermanfaat…
25 January 2015 at 16.14
Alhamd dya senang sdah bsa cara menentuan KKM.syukton ya
7 September 2015 at 16.09
macih banyak Alhamdulilah berkat pertolongan anda di blog ini saya jadi paham deh KKM
14 December 2015 at 09.19
makasi banyak, akhirnya saya menjadi tau
27 February 2016 at 16.47
mohon maaf saya saya mau nanya, apakah ada petunjuk teknis mas pedomani sehingga menentukan rentang Kompleksitas : Tinggi = 50-64, Sedang = 65 – 80, Rendah = 81 – 100
Daya Dukung : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
Intake : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
bagaimana bila dikomversi ke nialai satuan.
30 December 2016 at 14.46
dgn adanya contoh kkm ini mempermudah saya memaha pembiatan kkm, mksih..