Langkah-Langkah Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Sekolah Dasar

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.

Rambu-Rambu Penyusunan KKM

Adapun rambu-rambu dalam penetapan KKM adalah sebagai berikut :

Pertanyaan :

  1. Kapan KKM ditetapkan?
  2. Siapa yang Menetapkan KKM?
  3. Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan apa?
  4. Maksimal Nilai ketuntasan berapa?
  5. Apakah sekolah dapat menetapkan nilai KKM kurang dari nilai maksimal KKM?
  6. Apakah nilai KKM perlu dicantumkan di dalam LHBS?

Jawaban :

  1. KKM ditetapkan pada awal tahun pelajran
  2. KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
  3. Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
  4. Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
  5. Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
  6. Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS

Mekanisme dan Langkah-Langkah Penyusunan KKM


Kopleksitas Materi 

  • (Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai siswa
  • Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut :
    • SDM (Siswa memahami Kompetensi yang harus dicapai dan kreatifitas serta inovatif dalam melaksanakan pembelajaran
    • WAKTU (sukup lama karena perlu pengulangan
    • PENALARAN dan  KECERMATAN siswa yang tinggi.

Daya Dukung

KEMAMPUAN SUMBER DAYA PENDUKUNG yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan , BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholder sekolah.

Intake        

KEMAMPUAN yang dimiliki oleh peserta didik atau input yang diterima.

Format Penetapan KKM

Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai

A. Dengan memberikan poin pada setiap kriteria yang ditetapkan :

  • Kompleksitas : Tinggi = 1, Sedang = 2 dan Rendah = 3
  • Daya Dukung : Tinggi = 3, Sedang = 2 dan Rendah = 1
  • Intake : Tinggi = 3, Sedang = 2 dan Rendah = 3

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang maka nilainya adalah :

(3+3+2)  x 100 = 88,89 dibulatkan menjadi 89

9

Contoh Format A

B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria, misalnya :

  • Kompleksitas  : Tinggi = 50-64, Sedang = 65 – 80, Rendah = 81 – 100
  • Daya Dukung   : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
  • Intake                 : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64

Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang maka nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang ditentukan.

Dalam menentukan rentang nilai dan mentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatna forum KKG di sekolah.

Selengkapnya dapat anda Download Di Sini

Hanya untuk berbagi : MUHAMMAD KARWAPI

7 Responses to “Langkah-Langkah Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Sekolah Dasar”

  1. misyanto Says:

    Alhamdulillah saya sudah mengerti cara menentukan kkm dari laman ini trimakasih dan saya sangat senang degan info2 pendidikan untuk kemajuan belajar di dunia pendidikan Indonesia.

  2. muhamad saripudin Says:

    macih banyak Alhamdulilah berkat pertolongan anda di blog ini saya jadi paham deh KKM

  3. faliya said Says:

    makasi banyak, akhirnya saya menjadi tau

  4. andi padri Says:

    mohon maaf saya saya mau nanya, apakah ada petunjuk teknis mas pedomani sehingga menentukan rentang Kompleksitas : Tinggi = 50-64, Sedang = 65 – 80, Rendah = 81 – 100
    Daya Dukung : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
    Intake : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64

    bagaimana bila dikomversi ke nialai satuan.

  5. niesa aisyah Says:

    dgn adanya contoh kkm ini mempermudah saya memaha pembiatan kkm, mksih..


Tulis Komentar Anda